Bonek ke Jakarta, Polisi siaga


Jakarta - Sejak akhir pekan kemarin, Ribuan Bonek (Bondo Nekat) julukan suporter fanatik klub sepak bola Persebaya Surabaya mulai membanjiri Ibu Kota Jakarta, baik menggunakan transportasi bus maupun kereta api.
Rencananya, mereka bakal menggelar aksi demo di sejumlah titik seperti di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora), Istana Negara, dan Hotel Mercure, Ancol -tempat Kongres PSSI-, Selasa (2/8) hari ini, hingga Kamis (4/7) mendatang.

Demi lancarnya aksi tersebut, Polda Metro Jaya dan Polres jajarannya telah menyiapkan pengamanan ekstra dengan menurunkan ribuan personelnya ke  lapangan.
"Jadi perlu diketahui, sejak malam minggu kemarin, berangsur-angsur memang Bonek datang ke Jakarta, terkait dengan rencana rapat luar biasa yang dilakukan oleh PSSI di Hotel Mercure Ancol, besok," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, Selasa (2/8).
Hingga hari ini terhitung sudah ada sekitar 966 suporter Bonek tiba di ibukota dan berkumpul di Stadion Tugu, Koja, Jakarta Utara.


"Kita juga masih menunggu gelombang terakhir, masih ada Bonek yang akan datang sekitar 200 hingga 300 orang. Tentunya kita akan jadikan satu nanti di sana (Stadion Tugu)," jelasnya.
Ia juga menyampaikan, bahwa Polda Metro Jaya dan Polres beserta jajarannya sudah menyiapkan pengamanan terhadap aksi demo yang akan digelar Bonek di Kemenpora dan Hotel Mercure Ancol.
"Tentunya tempat itu kita lakukan pengamanan sekitar 1.000 personel dari Polda Metro Jaya‎ untuk mengawal," katanya.
Menyusul adanya keputusan pengadilan kalau yang boleh menggunakan nama Persebaya adalah PT Persebaya Indonesia, menjadi salah satu alasan Bonek berunjukrasa adalah agar PSSI mengakui klub Persebaya Surabaya.
(AN)