Atlet Indonesia Yang Pernah Mendapat Medali Emas Dunia

Banyak orang indonesia yang mengharumkan negara ini di mata dunia namun sayang nya tidak banyak media yang sering mempublikasikan mereka. di bawah ini adalah nama nama atlit yang pernah mengharumkan nama indonesia di dunia dan mendapatkan  mendali emas.

1. Alan Budikusuma (tunggal putra) Barcelona 1992

Alan Budikusuma (tunggal putra) Barcelona 1992
Alan Budikusuma Wiratama alias Goei Ren Fang (Dalam aksara Tionghoa: 魏仁芳),
Tempat Tanggal Lahir :  Surabaya, Jawa Timur, 29 Maret 1968; umur 48 tahun) adalah mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang meraih medali emas bulu tangkis pada Olimpiade Barcelona 1992 dalam nomor tunggal putra. Ia pensiun dari dunia bulu tangkis setelah Olimpiade Atlanta 1996.
Alan menikah dengan Susi Susanti, yang juga memenangkan medali emas bulu tangkis pada Olimpiade Barcelona.
Alan Budi Kusuma adalah atlet yang bisa belajar dari kekalahan. Contohnya tahun 1991 Alan Budi Kusuma kalah dari Ardy B. Wiranata di All England. Tetapi pada tahun 1992 Alan Budi kusuma mengalahkan Ardy B. Wiranata di Olimpiade Barcelona. Contoh lain pada tahun 1996 Alan Kalah dari Poul Erick H.L di Olimpiade Atlanta tapi pada tahun yang sama Alan Budi kusuma mengalahkan Poul Erik di Indonesia Open.
( wikipedia


2. Susi Susanti (tunggal putri) Barcelona 1992
Lucia Francisca atau yang akrab di kenal Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Wikipedia
Lahir: 11 Februari 1971 (45 tahun), Kota Tasikmalaya, Indonesia
Tinggi: 5 ft 4″
Medali Olimpiade: Badminton at the 1992 Summer Olympics – Women's Singles, lainnya
Anak: Sebastianus Frederick Wiratama, Albertus Edward Wiratama, Laurencia Averina Wiratama ( wikipedia )


3. Rexy Mainaky/Ricky Subagja (ganda putra)    Atlanta 1996
Di tahun '90-an, duo Indonesia Rexy Mainaky dan Ricky Subagja merajai bulutangkis dunia khususnya nomor ganda putra. Nyaris tak ada lawan yang berarti bagi 2 pendekar bulutangkis Indonesia ini. Bahkan website resmi badan Olimpiade dunia mengakui Rexy/Ricky sebagai ganda putra tersukses di dunia selama dekade 90-an. Konon, merekalah ganda putra bulutangkis tercepat yang pernah ada di dunia!
Nama lahir     Rexy Ronald Mainaky
Tanggal lahir     9 Maret 1968 (umur 48)
Tempat lahir     Ternate
Tinggi     1.73 m (5 ft 8 in)
Berat     70 kg (154 lb)
Pegangan tangan     Kanan







Nama lahir     Ricky Ahmad Subagja
Tanggal lahir     27 Januari 1971 (umur 45)
Tempat lahir     Bandung, Jawa Barat
Pasangan     Elsa Manora Nasution (bercerai)
Novani Citra Kresna
Tinggi     1.72 m (5 ft 8 in)
Pegangan tangan     Kanan
( Sumber : Wikipedia )



4. Tony Gunawan/Candra Wijaya (ganda putra) Sydney 2000

Tony Gunawan (吴俊明) (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 9 April 1975; umur 41 tahun) adalah seorang pemain bulu tangkis terkenal Indonesia, peraih medali emas Olimpiade 2000. Ia adalah salah seorang pemain ganda putra terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Tony berhasil merebut berbagai gelar juara dengan banyak pasangan. Pemain-pemain yang pernah berpasangan dengannya adalah Victo Wibowo, Candra Wijaya, Halim Haryanto, Bob Malaythong, dan Howard Bach.

Pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya banyak menjuarai kejuaraan dan berhasil menduduki peringkat satu dunia. Pasangan ini berhasil meraih medali emas Olimpiade 2000 di Sydney, Australia. Demikian juga saat berpasangan dengan Halim Haryanto, pasangan ini juga berhasil menjuarai berbagai kejuaraan dan menduduki peringkat satu dunia.

Saat melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat, suami dari Eti Tantra ini menjadi pelatih sekaligus pemain di Orange County Badminton Club, California. Ia mewakili negara tersebut dan berhasil menjuarai beberapa kejuaraan saat berpasangan dengan Howard Bach dan Bob Malaythong.
( Sumber : Wikipedia )
Dan Masih Ada

5. Taufik Hidayat (tunggal putra) Athena 2004
Taufik Hidayat (lahir di Bandung, Jawa Barat, 10 Agustus 1981; umur 35 tahun) adalah mantan pemain bulu tangkis tunggal putra untuk Indonesia. Awalnya ia bermain di klub SGS Elektrik Bandung. Putra pasangan Aris Haris dan Enok Dartilah ini adalah peraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Athena 2004 dengan mengalahkan Seung Mo Shon dari Korea Selatan di babak final. Pada 21 Agustus 2005, dia menjadi juara dunia dengan mengalahkan pemain peringkat 1 dunia, Lin Dan di babak final, sehingga menjadi pemain tunggal putra pertama yang memegang gelar Kejuaraan Dunia BWF dan Olimpiade secara berturut-turut. Selain itu, ia juga memegang gelar juara tunggal putra Asian Games 2002 di Busan dan 2006 di Doha.

Taufik mundur dari Pelatnas Cipayung pada 30 Januari 2009. Setelah itu ia menjadi pemain profesional. Pada November 2012, Taufik membangun sebuah pusat pelatihan bulu tangkis yang bernama Taufik Hidayat Arena (THA), berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Taufik juga menjadi bintang iklan Yonex dalam pengadaan alat bulu tangkis.

Ia telah enam kali menjuarai Indonesia Terbuka: 1999, 2000, 2002, 2003, 2004, dan 2006.
( sumber : Wikipedia )


6. Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad 
Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad meraih emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro membuat Indonesia melanjutkan hegemoni mereka di cabang bulutangkis. Satu-satunya kegagalan Indonesia meraih medali adalah pada Olimpiade 2012 London.